Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham INKP, Peluang Naik Setelah Keluar dari Tren Sideways

El Heze

INKP berhasil breakout dari support kuat di area 7.700-8.200 (Lihat tanda persegi pada chart dibawah). Selama beberapa bulan terakhir, INKP termasuk saham yang pergerakannya cepat, dengan flukatuatif yang relatif stabil.  



Sehingga saham INKP cocok untuk swing trading. Namun ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu tren dan area support resisten penting INKP. Perhatikan chart INKP berikut: 

Saham INKP

INKP cukup lama berada pada tren turun. Namun pada tren turunnya terlihat membentuk sideways panjang di kisaran harga 7.700-8.200. Setelah itu, INKP membentuk strong uptrending dan mencoba menembus level psikologis 10.000, tetapi belum berhasil. 

INKP kembali terkoreksi dan sempat kembali ke harga 8.400. Menariknya, tren koreksi INKP diikuti dengan volume rendah. Sebaliknya, tren naik INKP setelah menembus 8.200 diikuti dengan volume yang tinggi (lihat tanda panah volume pada chart diatas). 

Ini menunjukkan bahwa terdapat minat beli INKP yang besar ketika INKP berada dalam tren naik, dan minat jual yang tidak terlalu besar / menurun saat harga INKP sedang turun.

REKOMENDASI SAHAM INKP 

Selama berada dibawah 9.000, INKP masih menarik untuk buy on weakness. INKP yang berhasil bertahan diatas tren support kuat, dengan volume rendah saat koreksi menunjukkan peluang INKP untuk bisa kembali berada di jalur uptrend. 

Support penting INKP yang perlu diperhatikan adalah: 8.700-8.900 dan 8.400 (lihat garis horizontal warna merah). Jika INKP terjadi koreksi sehat, maka support-support tersebut bisa anda pertimbangkan untuk buy on support.

Sedangkan resisten INKP akan menguji resisten psikologis terdekat di harga 9.000. Jika breakout 9.000, INKP berpotensi kembali ke 9.250 dan 9.700 (lihat garis horizontal biru). Yap, disana adalah area-area resisten kuat INKP. 

Harga kertas (pulp) yang mulai menguat sejak awal tahun ditambah melemahnya kurs Rupiah akan memberikan dampak positif juga untuk industri kertas seperti INKP, TKIM. Risiko INKP adalah kembali terkoreksinya harga pulp yang dapat memberikan sentimen negatif untuk INKP.

INKP adalah saham yang pergerakan bid offernya cukup cepat jika saya lihat beberapa bulan terakhir. Tetapi fluktuatifnya masih relatif stabil (tidak naik tinggi terlalu cepat dalam waktu singkat). 

INKP juga mulai membentuk trending yang jelas, tidak hanya membentuk sideways lama seperti yang terjadi di bulan November 2023- Februari 2024 lalu. 

Sehingga tipe-tipe pergerakan saham seperti INKP, disarankan untuk trading dengan tipe swing trading. 

Setiap analisa teknikal di pos ini, perlu anda riset kembali dan sesuaikan dengan trading plan masing-masing. Salam profit.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.