Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham ANTM, Murah Secara Valuasi, Namun Downtrend

ANTM termasuk salah satu saham LQ45 yang pergerakannya masih tertinggal (laggard). Kinerja kuartal 2 yang naik signifikan (didukung kenaikan tren harga emas), dan valuasi yang rendah (PBV = 1,11 kali). 


Valuasi ANTM dapat dikatakan sangat murah, karena PBV ANTM biasanya berkisar di antara 2-3 kali. Dalam 3 tahun terakhir, valuasi terendah ANTM ada pada PBV 

Valuasi ANTM

Bisa dilihat pada valuasi saham ANTM diatas, di mana PBV ANTM selama 3 tahun terakhir sudah sangat rendah, didukung dengan kenaikan kinerja pada kuartal 3 lalu. Namun harga sahamnya masih downtrend. 

Sehingga untuk jangka menengah, saham ANTM ada peluang untuk kembali bergerak naik apabila di kuartal 3 kinerja ANTM bisa konsisten (salah satunya didukung dengan kenaikan permintaan dan harga emas). 

Akan tetapi, bagaimana dengan pergerakan ANTM jangka pendek? Perhatikan chart ANTM berikut: 

Saham ANTM

Pada grafik diatas, bisa kita lihat saham ANTM masih bergerak dalam major donwtrend. Hal ini terlihat dari harga saham secara tren yang masih berada dibawah indikator Moving Average (MA) 200 (garis warna pink). 

Namun pada secondary tren, yaitu tren yang terbentuk sejak 2 bulan terakhir, ANTM terlihat mulai bergerak naik. Sedangkan pada minor tren, yaitu pergerakan ANTM selama kurang lebih minggu terakhir terlihat bergerak turun alias ada koreksi sehat, yang membuat ANTM kembali berada dibawah garis MA20 (warna merah).

ANALISA TEKNIKAL & REKOMENDASI ANTM

Volume ANTM dalam 1 bulan terakhir mulai bergerak naik, menunjukkan adanya kenaikan minat pasar di saham ANTM. Indikator stochastic (tanda lingkaran hijau) sudah menunjukkan oversold. 

Harga saham ANTM yang sudah cukup murah, anda bisa pertimbangkan buy on weakness, namun dengan 30-40% modal, karena secara major tren masih melemah.

ANTM saat ini berada di perpotongan MA60 (garis biru) di harga 1.335. Maka support pertama ANTM di kisaran 1.335-1.340. Jika MA60 jebol, maka support kuat kedua di 1.275 dan 1.230. 

Berdasarkan historis 3 bulan sebelumnya, pada kisaran support kuat di 1.230 dan 1.275, pelemahan harga saham ANTM sudah mulai terbatas. 

Sedangkan resisten ANTM pertama di harga psikologis 1.400 dan resisten kedua ada potensi pembalikan arah di 1.500, jika 1.400-1.450 berhasil ditembus dengan volume tinggi. 

Risiko utama pada saham ANTM pada pelemahan harga nikel yang membuat tren saham ANTM saat ini masih sulit bergerak uptrend kembali. 

Disclaimer: Setiap ulasan dan analisa di pos ini bukanlah ajakan untuk membeli ataupun menjual. Setiap analisa di posi ini merupakan adalah analisa dengan menggunakan analisa teknikal dan kombinasi fundamental / makro.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.