Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham ITMG, Berpeluang Naik Tinggi

El Heze

Saham-saham di sektor batubara merupakan salah satu sektor saham yang punya peluang besar untuk kembali bergerak uptrend. Setelah harga batu bara turun dari $450 per metrik ton, saat ini harga batu bara sudah kembali bergerak normal diatas $120. 


Normalisasi harga batu bara, dan pemangkasan suku bunga memberikan sentimen positif bagi saham-saham batu bara, mengingat saham-saham batu bara secara tren harga (teknikal) juga sudah turun tajam. 

Tidak semua saham batu bara di bursa bagus. Beberapa saham batu bara blue chip di BEI adalah ADRO, PTBA dan ITMG. 

Kalau anda perhatikan dalam beberapa bulan terakhir, harga saham PTBA dan ADRO (khususnya ADRO) sudah naik duluan. PTBA juga mulai bergerak uptrend dan menutup gapnya pada bulan Mei lalu setelah dividen. 

Dari ketiga saham blue chip batu bara, ITMG merupakan saham batu bara yang pergerakannya masih relatif tertinggal (laggard). 

Dengan fundamental yang bagus, arus kas yang baik, valuasi sangat murah dan harga saham yang masih terdiskon (teknikal), ITMG memiliki peluang yang besar untuk naik tinggi menyusul kenaikan ADRO maupun PTBA. 

PBV ITMG

PBV ITMG sudah menyentuh 1 (satu) kali, dan merupakan valuasi terendah selama 3 tahun. PBV ITMG biasanya berada di kisaran 1,75-2,5 kali. Apabila ITMG kembali bergerak koreksi hingga PBV dibawah 1 kali, maka anda bisa pertimbangkan untuk buy on weakness. 

ANALISA TEKNIKAL ITMG 

Grafik saham ITMG

ITMG saat ini berada di perpotongan tren Moving Average (MA) 200. Setelah sempat breakout MA200, ITMG kembali turun dibawah MA200 karena dividend trap pasca dividend interim. 

Dalam jangka pendek (short term), harga saham ITMG 1 minggu terakhir pasca ex date dividen sudah mulai mendatar, namun bisa anda perhatikan volume ITMG masih besar sejak dividend trap, walaupun indikator stochastic sudah sangat rendah berada di posisi oversold. 

Ini artinya, dalam jangka pendek ITMG kemungkinan masih berpotensi untuk koreksi sehat dan terdapat fluktuatif harga. 

Namun untuk anda yang ingin mulai koleksi ITMG, di harga saat ini ITMG sudah cukup worth it. Masuk dengan modal bertahap dan perhatikan support-support serta area resisten berikut:  
  • Support 1: 25.800-25.950.
  • Support 2: 25.000-25.200
  • Support 3: 24.150 (support kuat ITMG)
  • Resisten 1: 26.525-27.075 (Gap)
  • Resisten 2: 28.200-28.800
  • Resisten 3: 30.000-32.000
ITMG berpeluang untuk kembali menutup gap terdekat di 26.525-27.075, yaitu gap yang terbentuk minggu lalu saat ex date dividen. Mengacu pada historis, area gap biasanya akan ditutup. Hal ini terjadi juga pada saham PTBA dan ADRO.

Sedangkan dalam jangka menengah, ITMG berpotensi untuk bisa kembali ke resisten psikologis pada kisaran harga 30.000. 

Pergerakan saham ITMG cukup likuid namun volatilitasnya tidak terlalu cepat, sehingga ITMG lebih cocok untuk hold swing trading hingga positioning trading. Harga saham yang sedang turun saat ini dengan valuasi murah adalah peluang untuk anda.  

Sentimen positif lainnya datang dari stabilnya harga komoditas coal, di mana coal sudah berhasil bertahan diatas $120, serta sentimen positif pemangkasan suku bunga yang akan menggerakkan kembali industri. 

Namun risikonya adalah kembali koreksinya harga batu bara, serta kinerja laporan keuangan yang kemungkinan besar masih akan membukukan penurunan (secara year on year), sehingga dapat mempengaruhi harga sahamnya. 

Disclaimer: Ulasan ini merupakan edukasi analisa teknikal, bukan ajakan untuk membeli dan menjual saham. Setiap keputusan dan analisa, kembali ke masing-masing trader. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.