Website edukasi saham, ekonomi makro, rekomendasi, investasi saham, analisis saham dan strategi trading.

Saham JSMR, Berpotensi Kembali Diatas 5.000: Speculative Buy

El Heze

Saham JSMR, salah satu saham yang belakangan mengalami koreksi harga. Koreksi  / penurunan harga tersebut wajar karena harga saham JSMR  sudah mengalami strong uptrend (Baca: Koreksi wajar). 


Dengan harga JSMR saat ini, secara teknikal saham JSMR dapat dikatakan cukup murah. Mari kita perhatikan analisa teknikal grafik JSMR berikut: 

Saham JSMR

Pada secondary trend, JSMR mengalami penurunan cukup tajam dari 5.500 sampai ke 4.800. Perhatikan penurunan 1 minggu terakhir diikuti dengan volume yang sangat besar. 

Akan tetapi, volume JSMR menurun signifikan dalam 2 hari terakhir penurunannya (perhatian tanda lingkaran hijau diatas). 

Penurunan harga dengan volume besar menunjukkan minat jual yang masih besar di saham tersebut. Namun ketika penurunan harga sudah diikuti dengan volume yang kecil, artinya tekanan volume juga mulai reda. 

Sehingga JSMR ada potensi untuk berbalik arah (technical rebound atau bahkan berbalik bullish reversal). 

Risiko teknikal JSMR saat ini adalah tren JSMR yang jebol dibawah MA200 yang dicapai tanggal 9 September, sehingga secara major trend sudah mulai masuk fase downtrend. Risiko ini perlu diwaspadai trader (terutama yang ingin trend following).  

REKOMENDASI SAHAM JSMR   

Melihat penurunan volume dalam 2 hari terakhir saat harga turun (di mana sebelumnya volume sangat besar), maka JSMR berpotensi untuk kembali technical rebound. 

Support pertama JSMR di harga 4.800-4.900 (nomor 1). Sedangkan support kedua di harga 4.650 (nomor 2). Jika kita perhatikan pola penurunan JSMR, maka polanya hampir membentuk double bottom. 

Resisten terdekat JSMR yaitu kembali ke level psikologisnya di 5.000, atau lebih tepatnya kembali ke area MA200-nya (Garis MA warna pink) di harga 5.050. Sedangkan resisten kedua di harga 5.200 (Pada perpotongan MA20 dan MA60 warna biru dan merah). 

Apabila JSMR berhasil kembali menembus area resisten MA200 di 5.050 dengan volume besar, JSMR berpeluang kembali ke 5.200-an, dan kembali berada dalam uptrend. 

Tetapi jika volume masih lemah, disarankan take profit di area 5.050-5.200. Saat pos ini ditulis, harga saham JSMR berada di kisaran 4.880-4.920.

Disclaimer: Ulasan ini merupakan edukasi analisa teknikal, bukan ajakan untuk membeli dan menjual saham. Setiap keputusan dan analisa, kembali ke masing-masing trader. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan bertanya apapun tentang saham, saya sangat welcome terhadap komentar rekan-rekan.